catatan

Sisi Kampus

jenis-tugas-kuliah-maba-wajib-tahu-nFaw31o2Jz

Dunia kuliah memang berbeda dengan dunia sekolah. Bisa dikatakan semuanya menjadi lebih bebas di dunia kuliah. Namun, jika tidak dikontrol, bisa jadi kebebasan tersebut akan berubah menjadi kebablasan.

Kebebasan dunia kuliah memang ibarat koin yang bersisi dua. Disatu sisi, kebebasan membuat seorang mahasiswa lebih bisa berekspresi dan dapat mengeluarkan ide-ide kreatif. Namun, juga dapat membuat mahasiswa keluar “jalur”. Berikut ini adalah beberapa kebebasan yang sebaiknya diperhatikan.

Pertama, bebas berpakaian. Ciri khas mahasiswa memang dapat dilihat pada cara berpakian yang trendi. Bahkan, tak jarang mereka cenderung berpakaian ala kadarnya. Mulai dari celana jeans yang robek, rambut gondrong tak beraturan, hingga menggunakan sandal jepit. Ini bisa dikatakan salah satu kebebasan yang kebablasan. Jika mahasiswa ingin dihargai, tentunya bisa dimulai dari cara berpakaian. Minimal kenakan kaus berkerah dan sepatu karena kampus bukan TOILET tempat kita menggunakan SANDAL JEPIT, kan ??

Kedua, bebas berpikir. Mahasiswa memang identik dengan pola pikir yang kritis. Dalam arti positif, pola pikir kritis berguna mempertajam daya pikir dan analisis. Namun, jika kebablasan, pola pikir ini bisa memacu perselisihan. Buktinya, tidak sedikit aksi tawuran antar-mahasiswa yang terjadi karena masing-masing pihak yang berseteru merasa benar.

Ketiga, bebas bergaul. Hal ini merupakan faktor yang sering menjadi masalah rata-rata mahasiswa. Memperluas pergaulan memang bukan hal yang salah. Bahkan, menjadi hal yang disarankan. Memiliki teman yang banyak di kampus akan memudahkan banyak hal. Contohnya, ketika meminjam buku ke senior, bertanya kepada dosen, hingga nanti bekerja melalui bantuan alumni. Namun, jika kebablasan, pergaulan bisa menjurus ke arah yang negatif, seperti narkoba hingga seks bebas.

Pada intinya, mahasiswa memang memiliki hak untuk bebas, tetapi karena sudah menyandang status “maha”, alangkah baiknya jika kebebasannya bisa lebih bertanggung jawab,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s