Traveling

Wisata Surakarta

0 Rating : 0

Kota Surakarta atau yang lebih dikenal dengan Kota Solo, adalah salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah. Kota Solo merupakan kota budaya yang memiliki nilai sejarah tinggi, karena Kota Solo dahulu menjadi Pusat Pemerintahan Kasunanan Surakarta Hadiningrat. Kasunanan Surakarta berdiri sebagai hasil Perjanjian Giyanti.

Perjanjian Giyanti yang ditanda-tangani oleh Pakubuwana III, Belanda, dan Mangkubumi, membagi Wilayah Kerajaaan Mataram menjadi dua kerajaan baru yaitu Kasunanan Surakarta Hadiningrat dan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Seiring dengan berjalannya waktu, Kasultanan Yogyakarta terkenal dengan nama Jogja, sedang Kasunanan Surakarta terkenal dengan nama Solo.

Sebagai pusat Kebudayaan Jawa, Kota Solo memiliki beragam Point of Interest, baik yang tangible dengan bertebaran bangunan dan situs bersejarah, maupun intangible dengan pertunjukan seni, kearifan lokal, budaya dan adat istiadat masyarakat.

Beragamnya Point of Interest di Kota Solo dan sekitarnya tentu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Secara umum berdasarkan minat/ Interest, Wisata di Kota Solo bisa dikelompokkan menjadi:

  • Wisata Sejarah, dengan point of interest utama Keraton Kasunanan Surakarta, Istana Mangkunegaran, PasarAntik Triwindu, Taman Sriwedari, Taman BalekambangWisata Seni dan Budaya, dengan point of interest utama menyaksikan Pertunjukan Wayang Orang Sriwedar, Wayang Kulit Rebo Legen, Pertunjukan Seni, dan Konser Musik

    Wisata Religi, dengan point of interest utama berziarah ke Makam Habib Alwy di Gurawan, ziarah Makam Mangadeg, Makam Presiden Suharto di Giri Bangun, Ziarah Candi Cetho, Candi Sukuh

    Wisata Alam, dengan point of interest Tawang Mangu, Kebun Teh Kemuning, Candi Cetho, Candi Sukuh.

    Wisata Belanja, dengan point of interest Pasar Antik Triwindu, Pasar Gede, Pasar Klewer, Kampung Batik Kauman, Kampung Batik Laweyan, Mall dan Pasar Modern.

    Wisata Kuliner, dengan point of interest : Soto, Nasi Liwet, Timlo, Selat, Tengkleng, Oleh-oleh Khas Solo

Pemerintah Surakarta dan Stake Horder di bidang Pariwisata terus menerus membangun dan mengembangkan Potensi Wisata, Fasilitas dan Sarana Pariwisata. Kini bisa di saksikan menjamurnya Hotel dan Restaurant, berkembangnya Pusat Kuliner dan Oleh-Oleh Khas Solo, ditatanya Public Area sebagai tempat Interaksi Warga dan berbagai perkembangan yang lain.

 

Silahkan merencanakan holiday di Solo bangga sekali apabila anda berkenan berkunjung ke Kota Solo…..,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s