catatan

kehidupan Mahasiswa

MIOU7tjDz3

Memasuki dunia perguruan tinggi, acap kali para siswa yang baru lulus masih bingung menentukan mau kuliah dimana, jurusannya apa dan semua tetek bengek yang mereka masih belum tau. Kuliah adalah jembatan para generasi muda untuk menuju jenjang karier di dunia kerja. Segala usaha dikerahkan demi mendapatkan prestasi akademis yang bagus. Dengan prestasi yang mumpuni maka akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Mahasiswa kost-kostan adalah mahasiswa yang konon pendapatan yang diberikan dari orang tuanya juga pas-pasan. Hahaha. Oleh sebab itu cukup tidak cukup harus dicukupkan. Mahasiswa yang mayoritas bertempat tinggal di kost-kostan adalah Mahasiswa yang datang dari luar kota. Solo adalah salah satu kota tujuan untuk merasakan kuliah yang jauh dari orangtua karena kota Solo juga mempunyai banyak perguruan tinggi yang bereputasi. Singkat kata Mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan perguruan tinggi favorit. Jika masih belum tembus untuk perguruan tinggi favorit, toh perguruan tinggi disekitar kota depok pun masih bisa dibilang mumpuni. Jadi tidak perlu frustasi jika gagal masuk perguruan tinggi favorit.

Kehidupan anak kost bisa dibilang kehidupan “acak kadut”. Karena semua dilakukan dengan sendiri. Mulai dari cuci pakaian, bersihkan halaman dan kamar Kost, masak dan kegiatan lain yang mewajibkan kita mampu melakukannya secara mandiri ditengah jadwal kuliah yang padat.

Kita bahas Soal makan dan dimakan oleh anak Kost, Selama kost mereka makan dari warung-warung yang tersebar di sekitar kampus yang terjangkau bagi kocek kantong mahasiswa, selain itu ada juga yang memasak sendiri namun jumlahnya tidak terlalu banyak mengingat sibuknya dalam kegiatan di kampus. Belajar sampai larut malam adalah sebuah pilihan untuk menghindari riuhnya suasana di kost-kostan. Selain mengerjakan tugas bersama-sama dan saling tukar pikiran, kegiatan ini selalu dilakukan sambil bergadang bersama teman-teman. Konsentrasi dan aktivitas belajar kadang-kadang membuat mahasiswa kelaparan ketika “Jurit malam”, sebutan bagi mahasiswa yang suka belajar malam hari sambil begadang untuk mengerjakan tugas maupun belajar karena keesokan harinya ada mid test. Sasaran utama ketika lapar tiba adalah “Bubur ayam & Bubur Kacang Hijau”, selain harga yang terjangkau, warung-Warung ini juga buka hingga larut malam bahkan hingga pagi hari.

Bubur Ayam maupun bubur kacang hijau dijual perbungkus seharga Rp.2000-2500,- , Dengan mangkuk kecil, mahasiswa dapat merasakan hangatnya Bubur Kacang Hijau dan Bubur Ayam dimalam yang dingin. Karena mempunyai porsi yang sangat sedikit sehingga acap kali mahasiswa sering menambah porsi makannya. Di Warung Kopi ini juga mempunyai bermacam-macam menu, antara lain Mie Instan, Roti Bakar dan Aneka gorengan, sate telur puyuh dan Ati, krupuk hingga minuman jahe hangat pun setia menemani. Namun harga satuan yang murah kadang jika ditotal secara keseluruhan akan lebih mahal dibanding makan diwarung karena umumnya kita akan memakan lebih dari satu bungkus dan tentunya akan ditambah lagi dengan minuman khas dari warung tersebut yaitu susu jahe dan teh manis Hangat yang pasti harganya akan membengkak.

Bubur ayam dan bubur kacang hijau seperti menjadi teman belajar dan begadang di Kota Solo. Tak hanya menjadi makanan khas anak kost, namun sekarang di sudut-sudut kota Solo dapat dengan mudah kita temui tenda-tenda yang menjajakan Bubur ayam dan bubur kacang hijau hingga pagi menjelang.

Kalau sudah begadang semalam suntuk, maka sudah bisa dipastikan keesokan harinya hanya rasa kantuk yang hinggap ditubuh si Mahasiswa kos-kosan. Apa yang dikatakan oleh dosenpun hanya lewat dari sekelebatan mata memendang. Tapi tak jarang pula mahasiwa kost-kostan yang begadang semalaman suntuk, kesokan paginya bisa segar bugar dan dapat mengerjakan soal test dengan baik dan benar. Kalau sudah demikian tergantung dari mahasiswa itu sendiri, apakah bisa membawa dirinya hingga lulus wisuda dan mendapatkan pekerjaan yang layak. Ataukah menjadi mahasiwa yang terkena bom ranjau karena salah strategi dalam menghadapi padatnya pertempuran dibangku kuliah,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s