catatan

Kreativitas dan Inovatif Dalam Berbisnis

0957593shutterstock-182970521780x390
Permasalahan perekonomian yang melanda Indonesia begitu kompleks. Satu diantara berbagai permasalahan tersebut adalah begitu besarnya angka pengangguran di Indonesia. Lapangan pekerjaan yang tersedia masih jauh dari cukup untuk menampung jumlah tenaga kerja yang begitu banyak.  Hal ini sudah menjadi pekerjaan rumah pemerintah sejak lama yang sampai sekarang belum dapat dituntaskan. Berbagai usaha telah ditempuh untuk mengatasi masalah ini, salah satunya adalah sosialisasi tentang pembudayaan kewirausahaan (enterpreneurship) yang marak dilakukan lewat berbagai cara, mulai dari pendidikan sekolah, hingga melalui seminar-seminar dan penyuluhan di berbagai tempat dengan peserta dari berbagai golongan, mulai dari pelajar.

Minat dalam berwirausaha selalu tinggi. Masa depan aktivitas berwirausaha terlihat sangat cerah, lihat saja selama dua dasawarsa terakhir ini banyak wirausahawan meluncurkan bisnis. Banyak diantara perusahaan terbesar dunia terus menggalakkan kampanye besar-besaran perampingan bisnis, yang secara dramatis yang memberhentikan sejumlah karyawan.

Dalam menganalisis suatu usaha juga dibutuhkan jiwa yang kreatif dan inovatif. Kreatif dan inovatif adalah karakteristik personal yang harusterpatri kuat dalam diri seorang wirausaha sejati. Bisnis yang tidak dilandasi dengan upaya kreatif dan inovatif dari sang wirausaha biasanyatidak dapat berkembang abadi.untuk mencari terobosan terbaru dilingkungan bisnis yang dinamis agar lebih menuntut wirausaha.

Kreatifitas dan inovasi merupakan dua hal yang berbeda tetapisaling membutuhkan satu sama lain. Karena sebuah Kreatifitas tidak akanada gunanya manakala tidak ada Inovasi yang berhasil mewujudkan.Inovasi dan kreatifitas memiliki dominan yang sama, yaitu sama-sama baru, akan tetapi memiliki batasan yang tegas. Kreatifitas merupakan langkah pertama menuju inovasi. Kreatifitas berkaitan dengan ide yang bermanfaat dan implementasinya.

entrepreneur

Kreatif adalah sifat yang selalu mencari hal-hal yang baru.Sedangkan  inovatif adalah sifat yang selalu menerapkap solusi kreatif. Kreatif  tapi tidak  inovatif  karena  ide hanyalah sebatas pemikiran tanpa adarealisasi. Kreatif dan inovatif dalam menjalankan sebuah bisnis, menjadi salah satu kunci sukses sebuah bisnis untuk memenangkan persaingan pasar. Dengan menciptakan produk baru yang beda dengan produk lainnyadan bisnis kita bias lebih memiliki nilai lebih dibandingkan dengan produk  lainnya. Karena dengan adanya kreatif dan inovatif sangatlah penting untuk mendorong kita untuk lebih kreativitas dan menjadi benar-benar inovatif.

Mempunyai ide-ide baru yang terus mengalir adalah sangat penting. Ide-ide baru adalah darah kehidupan bisnis kita. Oleh karena itu, penting untuk mendorong kreativitas dan menjadi benar-benar inovatif. Namun perlu diketahui bahwa kreativitas dan inovasi adalah dua hal yang berbeda. Kreativitas adalah segala hal yang berkaitan dengan memunculkan ide-ide baru, sedangkan inovasi berkaitan dengan penerapan ide-ide baru dalam suatu tindakan (action).

Tunjukkan Kreatifitasmu! Buktikan pada dunia bahwa bangsa indonesia adalah bangsa yang berkualitas, cerdas, mandiri, kreatif, dan inovatif dengan menciptakan trobosan-trobosan baru di berbagai bidang! Jadilah pengusaha yang sukses yang tidak hanya membawa kesejahteraan bagi dirimu sendiri, melainkan bagi bangsa dan negara,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s