Traveling

Indonesia Travel

Libur akhir tahun telah berlalu, saatnya merencanakan liburan yang akan datang. Tidak perlu berlibur jauh ke luar negeri dengan ongkos mahal. Sebab masih banyak tempat wisata menarik di tanah air yang belum terjamah. Dan tak perlu bingung kemana akan berwisata, sebabIndonesia Travel sebuah situs informasi wisata yang dikelola pemerintah membantu kita mendapatkan beragam informasi wisata di seluruh Indonesia. Lengkap dan terkini, begitulah informasi wisata yang disajikan. Dengan foto-foto dan video panorama indah di tanah air membuat kita penasaran ingin berkunjung ke tempat tersebut.

Dibanding situs wisata lain, tampilan Indonesia Travel lebih dinamis dan menarik. Foto-foto slide yang bergerak pada halaman depan membuat mata kita semakin terbuka, ternyata banyak sekali obyek wisata tersembunyi dengan panorama alam indah yang patut dikunjungi. Mungkin kita sudah sangat mengenal Pantai Kuta ataupun Legian di Bali, tapi bagaimana dengan Pantai Patitenget di Bali ? NahIndonesia Travel mengenalkan potensi wisata tersembunyi ini. Sepertinya ingin mensejajarkan dengan tempat wisata lain yang lebih dulu terkenal. Tak hanya Pantai Patitenget, banyak juga obyek wisata tersembunyi yang belum banyak orang mengetahui diurai lengkap diIndonesia Travel. Sehingga membuat penasaran wisatawan untuk berkunjung.

Kalau kita telusuri lebih dalam informasi mengenai obyek wisata yang ditampilkan dalam foto-foto di halaman depan, maka secara rinci,Indonesia Travel menjelaskan tentang obyek wisata tersebut dan akses mencapai lokasi. Situs ini menampilkan pula peta lokasi wisata dalam google map yang memudahkan mengetahui persis lokasi tempat wisata itu. Ada juga informasi hotel dan restoran, agen perjalanan, hingga lokasi penjualan souvenir yang apabila kita klik, akan kita temui lengkap informasinya di situs ini.

Jika pengunjung situs ingin menjelajah obyek wisata per-daerah di tanah air, maka, menu destinasi pada halaman depan bisa kita jelajahi. Tersaji daftar destinasi mulai dari Sumatera hingga Papua. Ini luar biasa sekali. Pengunjung situs Indonesia Travel juga bisa mencari tempat maupun acara wisata sesuai aktivitas yang diinginkan atau hobi yang bersangkutan. Misalnya aktivitas diving & snorkeling, menyukai bangunan bersejarah, hingga kuliner bahkan tempat memanjakan tubuh jika lelah seperti spa informasinya diurai disini. Semua itu merupakan kegiatan wisata yang sering diminati wisatawan mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata budaya dan hiburan kota.

Selain foto, ada juga galeri video wonderful Indonesia, tayangan video tentu menampilkan lebih real tentang panorama alam Indonesia yang indah dan tempat tempat wisata yang ada.

Informasi yang paling banyak dicari pelancong atau wisatawan adalah agenda wisata. Indonesia Travel, mengemasnya dalam serangkaian Daftar Acara yang lengkap dan selalu diperbaharui atau up to date. Agenda acara hingga lima bulan ke depan pun tersaji dalam situs hebat ini. Jadi tak perlu pusing dan browsing lama di situs lain, Sebab di sini agenda wisata sudah dalam genggaman. Termasuk juga disajikan trip planner disertai gambaran biaya yang dibutuhkan. Indonesia Traveljuga menyediakan sarana interaksi yang membahas topic- topic wisata dalam Online Forum. Siapapun dapat bergabung meramaikan forum menarik ini.

Karena banyaknya obyek wisata di tanah air, maka siapapun juga bisa mengirim foto atau cerita wisata ke Indonesia Travel yang dikemas dalam Cerita Negeriku. Nah tujuannya tentu berbagi informasi agar potensi wisata tersembunyi tak lagi benar-benar tersembunyi. Setiap pengirim tulisan atau foto hanya perlu mendaftar .

Sebagai situs informasi wisata, Indonesia Travel menyediakan tujuh bahasa di dunia yang bisa dipilih pengunjung termasuk Bahasa Indonesia dan Inggris. Ini bisa membantu wisatawan asing yang akan merencanakan berkunjung ke tempat wisata di Indonesia yang memiliki kendala bahasa.

Sebagai Warga Negara Indonesia yang suka mengunjungi obyek wisata di tanah air, keberadaan Indonesia Travel sangat membantu.

Saran saya, Salah satu halaman situs ini sebaiknya menampilkan foto besar yang menarik atau sebagai background halaman. Hampir seperti pada halaman trip planner, tapi jangan tertutup dengan gambar lain. Dengan background foto panorama indah maka halaman depan cukup judul- judul dan link menarik saja, tak perlu banyak tulisan, seperti saat ini.

Untuk agenda acara, sebaiknya selain menampilkan destinasi per daerah, juga ada agenda pilihan per bulan di halaman depan, bukan di halaman dalam seperti di halaman Jadwal Kegiatan 2014. Jadi misalkan saat ini baru memasuki tahun 2014 maka tampilkan agenda bulan Januari, Februari dan seterusnya hingga Desember per halamannya. Jadi ketika kita klik bulan Juni, sudah tersaji lengkap agenda wisata di bulan itu. Pasti ini sangat memudahkan merencanakan liburan.

Agar lebih up to date atau terkini, logo Wonderful Indonesia di pojok kiri atas tak ada salahnya mencantumkan tahun 2014.

13891697091008470520
Logo Wonderful Indonesia

Sayangnya dalam situs ini saya tidak melihat foto icon wisata kita seperti Candi Borobudur, Monas atau Bali sebagai foto tetap dan wajib di situs ini.

Sedangkan setiap pengirim tulisan dan foto sebaiknya apabila dimuat diberi imbalan secukupnya. Untuk member semangat dan motivasi penulis.

Demikian saran dan kritik saya untuk Indonesia Travel, harapan saya semoga menjadi situs panduan favorit wisatawan dalam maupun luar negeri. Bagaimanapun informasi yang ada di Indonesia Travelmerupakan upaya membumikan pariwisata Indonesia, penyumbang dan menjadi media online andalan yang tak bisa disepelekan. Jadi, tak perlu buka situs lain kan…,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s