Bisnis, properti

Investasi Tanah

 5.e-Siapkah-Berinvetasi-Sekarang

Investasi bukan lagi sesuatu yang baru beberapa tahun belakangan ini. Sudah banyak masyarakat Tanah Air yang menyadari pentingnya berinvestasi untuk mencapai tujuan finansial mereka, entah itu berinvestasi di Reksadana, investasi saham, investasi emas, atau bahkan investasi properti. Nah, investasi properti ini sedang terkenal di kalangan investor, baik dalam negri maupun luar negri. Ini dikarenakan kebutuhan masyarakat Tanah Air akan properti yang terus meningkat.

Namun tahukah Anda selain investasi properti, investasi tanah juga bisa dijadikan lahan investasi loh? Banyak sekali kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika berinvestasi tanah. Satu diantaranya adalah return yang lumayan besar karena harga lahan kosong sekarang ini semakin bertambah, terutama di daerah Jakarta dan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Biaya perawatan dalam berinvestasi tanah juga relatif sedikit dan tidak perlu diasuransikan. Sayangnya, pemilik tanah susah untuk mendapatkan passive income layaknya investasi properti. Liquiditas investasi tanah juga sangatlah rendah, mengingat sulitnya mencari pembeli ketika sedang membutuhkan uang saat itu juga. Tapi dapat dikatakan jika selain investasi properti, investasi tanah juga bisa dijadikan investasi yang menguntungkan. Lalu, bagaimanakah cara berinvestasi tanah yang tepat? Yuk kita simak berikut ini tips-tipsnya.

1. Lokasi Tanah

Tanah yang berlokasi di lingkungan yang jarang bangunan atau di luar daerah pemukiman dapat berprospek tinggi loh. Tanah yang sering disebut tanah setengah matang ini mempunyai potensi keuntungan yang lebih besar dibandingkan dengan tanah yang terletak dikawasan padat penduduk. Apalagi jika tanah ini juga dilewati oleh kendaraan umum. Bisa saja nantinya tanah ini dibuat untuk pemukiman ataupun perdagangan.

2. Jarak Tanah Ke Pusat Kota

Harga tanah akan semakin mahal jika lokasinya semakin dekat dengan pusat kota. Tanah yang berada dipusat kota memang benar-benar strategis dan banyak dicari. Namun, tanah-tanah yang berlokasi di daerah pinggiran kota juga tidak kalah menguntungkan dan banyak dicari-cari. Ini dikarenakan tanah yang berada di pinggiran kota masih belum ramai namun fasilitas kehidupan sosial dan ekonomi nya masih dapat terjangkau.

3. Ukuran dan Bentuk Tanah

Tanah yang mempunyai bentuk persegi adalah tanah yang paling ideal. Selain itu, trapesium juga merupakan bentuk tanah yang paling diminati. Untuk ukuran tanah, pasti semua orang sudah tahu jika ukurannya semakin besar, maka dapat dipastikan jika harganya juga semakin mahal. Kemudian, menurut fengshui, tanah yang mengadap selatan atau utara merupakan tanah yang paling baik.

Itu dia beberapa tips yang makin menekankan selain investasi properti, investasi tanah juga bisa dijadikan investasi yang menjanjikan. Kemudian, perhatikan juga keamanan serta legalitas dari tanah yang Anda akan beli dan Anda jadikan investasi. Legalitas ini dapat dimaksudkan dengan data dan surat kepemilikan yang lengkap dan sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s