catatan, Traveling

Andaikan Traveler Menikmati Internet Gratis

Andaikan Traveler Menikmati Internet Gratis

Mendapat internet gratis? Wah siapa yang tidak mau. Saya yakin semua orang terutama para netizen pasti senang jika mendapatkan internet gratis. Apalagi jika didukung dengan kecepatan internet yang tinggi dan kualitas jaringan yang bagus alias sinyalnya tidak putus nyambung atau tidak banyak Request Time Out (RTO) nya, senangnya pasti berlipat-lipat.

Mendapatkan internet gratis tentunya membuat saya tidak pusing-pusing lagi mencari hot spot gratisan di kafe-kafe, di kantor, di kampus, atau di taman-taman kota untuk mendapatkan informasi atau mengirim informasi dari dan ke seluruh dunia. Memperoleh internet gratis tentu harus bersyukur, tidak enak juga kan ya internet gratisnya di konsumsi sendiri. Sebagai manusia kita harus berbagi, tidak hanya menerima saja, agar “peredaran darah” kita lancar. Kira-kira apa yang bisa saya berikan kepada lingkungan saya ya dari fasilitas internet gratis yang saya dapatkan? Apakah saya akan membagi jaringan internetnya dengan orang-orang sekitar saya? Ah rasanya tidak, karena saya mungkin akan terkena dampak terutama dampak kinerja internet yang saya peroleh akan terganggu. Apalagi nilai yang diberikan saya rasa masih kecil, syukur-syukur internet tersebut dimanfaatkan dengan baik dan mampu memberi nilai kepada mereka, kalau misalkan digunakan untuk main game?

Ketika saya memperoleh internet gratis tentu saya akan dengan mudah mendapatkan informasi dari dunia maya. Oleh karena itu, saya akan menjadikan diri saya sebagai media perentara informasi. Saya akan memberikan informasi yang didapatkan itu ke masyarakat. Tidak hanya itu, informasi bisa saya peroleh dari peristiwa-peristiwa yang saya lihat, dengar, dan rasakan dikeseharian saya secara langsung atau offline. Kemudian informasi tersebut akan saya bagikan ke dunia online. Saat ini banyak media yang bisa dijadikan sarana penyimpanan informasi. Media tersebut dapat diakses oleh orang lain secara gratis seperti youtube, instagram, facebook, twitter, blog, dll. Di sarana itulah saya dapat membagikan informasi yang saya dapatkan secara langsung dan di sarana itulah saya bisa mendapatkan informasi secara online secara gratis. Sayang saja jika media-media penyimpan gratis itu tidak dimanfaatkan untuk memberikan nilai pada masyarakat apalagi jika didukung sambungan internet yang gratis, berkinerja baik, dan cepat pula.

Ketika internetnya berbayar, apalagi dibatasi kuota per waktu tertentu, wah tentunya saya tidak bisa online terus karena harus hemat kuota. Ketika berbayar per bulan untuk mendapatkan fasilitas internet maka saya harus menyediakan uang per bulan sedangkan penghasilan perbulan tidak lah tetap alias serabutan. Hal inilah yang selalu menghambat saya mendapatkan informasi secara update dan mengirimkan informasi secara update pula. Namun ketika internetnya gratis apalagi gratisnya dalam jangka waktu sangat lama dan lingkup mobilitasnya sangat luas, maka saya dapat terus update mendapatkan informasi dan mengirimkan informasi kepada masyarakat di sekitar saya berada maupun kepada masyarakat online seluruh dunia.

Ketika memperoleh fasilitas untuk mengirimkan informasi secara gratis, maka seorang traveler bisa menjadi seorang reporter, seorang konsultan independen, seorang marketer, maupun seorang penghibur. Sebagai seorang traveler, saya bepergian sesuka hati saya, sesuai selera saya, apakah itu di lingkup kota maupun lingkup negara, dan jika punya uang lebih banyak bisa ke lingkup regional bahkan dunia. Dari sana lah saya bisa melaporkan atau menyampaikan informasi yang saya temui langsung di suatu tempat yang saya singgahi kepada masyarakat luas seluruh dunia, apakah itu hal-hal unik atau peristiwa yang kiranya dapat menginspirasi atau mungkin peristiwa-peristiwa yang kira nya perlu mendapatkan pertolongan cepat misalkan saya mendapatkan peristiwa kecelakaan di suatu tempat dan si korban membutuhkan donor darah cepat maka saya bisa mengirimkan pesan kepada masyarakat melalui media online kepada yang kiranya bersedia membantu mendonorkan darahnya. Selain itu, jika saya menemui produk bagus yang dijajakan di pinggir jalan atau di warung-warung di sekitar perjalanan saya namun tidak pernah terkspose media maka saya dapat bantu untuk pasarkan produk tersebut dengan memanfaatkan media penyimpan online gratis.

Di lain hal, ketika saya melakukan traveling saya pun dapat membantu banyak orang bahkan menginspirasi banyak orang melalui informasi yang saya peroleh dari media online yang ada digenggaman saya. Misalkan ketika saya melakukan traveling, saya mendapatkan update informasi dari media social online bahwa akan ada peristiwa yang dapat membahayakan masyarakat dimana saya sedang singgahi, maka saya dapat langsung menyebarkan informasi itu ke masyarakat sekitar untuk waspada atau segera menyelamatkan jiwa mereka seketika itu juga. Ketika saya mendapatkan ibu hamil yang sudah di ujung kelahirannya namun tidak memungkinkan untuk ke rumah sakit, maka saya bisa bantu dengan memberikan referensi yang diperoleh melalui media online terkait metode melahirkan secara darurat atau bahkan terhubung ke rumah sakit yang dapat memberikan panduan melahirkan melalui fasilitas video streaming. Ketika saya sedang berada di suatu daerah dimana terjadi permasalahan di daerah tersebut misalkan kincir air desa tidak berfungsi maksimal maka saya bisa membantu melalui referensi terkait kincir air yang saya dapatkan lewat media online di internet atau melalui bantuan video streaming yang terhubung dengan para ahli yang jauh di sana namun bisa terhubung secara online. Ketika saya berada di suatu tempat yang tidak mendapatkan jangkauan sinyal televisi terrestrial, namun masyarakat di sana penggemar pertandingan sepak bola, dan ketika itu ada pertandingan bola yang disiarkan di televisi namun siarannya di “acak” maka saya bisa memanfaatkan internet gratis yang dimiliki untuk nonton bola bersama mereka melalui fasilitas tv streaming.

Wah nikmatnya menjadi traveler yang tidak hanya menikmatkan diri sendiri namun juga sekaligus dapat memberikan nilai bagi banyak orang melalui internet gratis yang didapatkan,

Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

