catatan

Mitos Skripsi

 

maxresdefaultSkripsi..yah skripsi memnag hal yang sangat menentukan bagi setiap mahasiswa untuk mencapai gelar sarjananya. Selama 3-4 tahun lamanya kuliah kita disamarkan dengan keberadaannya. Namun perlahan tapi pasti dia muncul dan harus dilalui. Indahnya ketika berganti gelar dari siswa menjadi mahasiswa seolah terhapuskan oleh dia. semester pertama kita masih mencari sosok jati diri sebagai mahasiswa indahnya saat belajar di kelas tidak harus masuk jam 7 dan pulang jam 1,kegembiraan saat dosen yang harus mengajar tapi beliau tidak masuk mengajar merupakan hal terindah bagi para mahasiswa,selalu berlanjut sampai semester berikutnya. satu demi satu setiap mata kuliah kita lewati dengan mudah, ujian akhir bukan momok yang menakutkan bagi mahasiswa sekarang ini, karena kekompakkan dan dan persaudaraan antarmahasiwa dapat terjalin ketika itu.Indahnya kata satu untuk semua dan semua untuk satu adalah selogan ketika tugas yang akan dikumpulkan. ya mau bilang iya atau tidak memang itulah yang terjadi saat ini.
Tidak terasa pergantian semester pun tiba dan tidak terasa juga telah menginjak semester 8. seperti biasa setiap mahasiswa harus mengisi kartu rencana studi (KRS), ya sesuai paket sih biasanya diisi karena nilai saya selalu cukup untuk mengambil mata kuliah selanjutnya jadi ga ada masalah saat ingin KRS. namun ada sebuah mata kuliah yang sangat aneh berbobot 6 sks dan hanya bertuliskan nama mata kuliah tugas akhir/skripsi, waw banyak amat jumlah sksnya,tuturku. selidik demi selidik saya pun coba telusuri apa itu tugas akhir/skripsi, well ternyata itu bukan hanya mata kuliah wajib tapi mata kuliah yang sangat menentukan bagi kelulusan mahasiswa. skripsi bukan hanya mebuat tugas biasa tetapi tugas yang sangat luar biasa. karena bukan hanya menulis semau kita tapi juga harus menulis dengan refensi yang harus kita pertanggungjawabkan. mengerikan kan??emang hahaha…

Dimulai dengan proses pengajuan proposal, sidang proposal, bimbingan, seminar,sidang,yudisium, dan wisuda.  siapa sih yang ga mau wisuda, selain dinobatkan sebagai sarjana kita juga akan diberi gelar dibelakang nama kita. belum lagi propses yang dianggap sakral itu melibatkan banyak pihak baik dosen, keluarga,teman, dan mungkin orang yang terkasih yang sedang dekat dengannya, yaitu juga kalau yang punya pacar, kalau engaa nyengir aja, gpp kok mumpung waktu lagi waktunya senang senang aja dah ga usah pikirin oarang lain.hahaha

Haha…sebenernya terlalu jauh kita ngomongin wisuda sekarang, karena tahap yang menetukan belum di lewati yaitu skripsi. dibutuhkan banyak waktu,tenaga,pikiran,materi, dan tentunya mental. mental menurut saya adalah yang paling dibutuhkan saat menyusun sebuah skripsi.selain itu keberuntungan juga sangat dibutuhkan pada saat skripsi karena ketika seminar atau sidang beruntung mendapatkan penguji yang sesuai dengan kemampuan anda saya yakin anda akan baik-baik saja,walaupun kemampuan anda biasa-biasa aja, makanya saya selalu berdoa semoga saya dijadikan hamba yang beruntung Amiin. Namun kalau anda memang ingin siap lahir batin selain kekuatan mental dan keberuntungan kemampuan anda akan memberikan bantuan yang sangat berarti ketika menempuh skripsi,ketika ada seorang penguji yang meminta ini itu anda akan siap mengiyakannya.dan biasanya itu menjadi “pelicin” anda ketika menyelesaikan skripsi.

wuiih saya kaya yang bener aja ya ngasih saran kaya gitu kaya yang mampu aja si geu ini,,haha. Tapi saya selalu berfikir positif ketika proposal saya diterima berarti Allah mempercayai saya dapat melakukan  dan membuat itu,selain itu saya juga selalu percaya terhadap doa orang tua yang tak pernah putus-putusnya mendoakan kesuksesan saya akan selalu membantu dalam kehidupan saya. dan yang paling penting adalah saya selalu memikirkan hal yang paling terburuk yang akan terjadi jaika saya lalai atau bermalas-malasan, pasti tergambar hal yang sangat tidak diinginkan dan memalukan sehingga saya akan terpacu untuk menyesaikan sesuai jadwal dan perkiraan.

Bikin blog tuh emang paling gampang asal lagi mud pasti jadi, ga kaya skripsi walaupun udah mud tapi kalau lagi stuck ya diem,,haha normal ko “galau’ ketika skripsi. nah untuk yang belum punya pacar mending jangan punya dulu deh kalo lagi skripsi gini, karena saya yakin kana terbengkalai skripsi anda,kecuali yang sudah punya mungkin bisa membantu tp kadang juga suka nambah susah skripsi kita.

oke sekian dulu ah,,cuma refreshing aja ko bukan buat nasehati kalian,oke selamat mengerjakan SKRIPSWEET nya,semoga skripsi kita berjalan sesuai jadwal dan perkiraan dan di Ridhoi Allah SWT amin,

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s