Bisnis

Tips Berburu Properti

Akadusyifa

Akadusyifa

“Sering saya berburu properti dgn melihat iklan2 yg ada di internet, rata2, ada “kekonyolan” yg umumnya dilakukan entah pemilik langsung atau calo”.

1. Asal jeplak nulis “ke X sekian menit”.
misal sebuah rumah di daerah X, “ke UGM 10 menit, malioboro 15 menit”. saya sih ketawa aja, karena saya sudah hafal medannya dan TIDAK MUNGKIN ditempuh dgn waktu segitu kecuali dilakukan jam 2 pagi dan ngebut. memangnya anda mau ke kampus atau malioboro jam 2 pagi? haha

2. “Dekat” dengan X, padahal JAUUUUUH BANGET
nah ini suka bingung, sebetulnya apa sih definisi “dekat” dan “jauh”, apakah rumah yg masuk gang 500m dalemnya masih bisa dibilang “dekat” jalan raya? hehe…umumnya demi mendongkrak jualan, dicatutlah nama2 jalan yg sekiranya “menjual”, di jogja misalkan, “dijual rumah dekat dgn jalan kaliurang KM7”, setelah anak buah saya ngecek, ternyata masya allah masuknya JAUUUUH BENER, hehehe.memang sih nanti munculnya tembus ke jalan kaliurang KM7, tp ya gk harus masuk dalem bgt gt dong, hehe

3. SIAP HUNI
banyak juga yg asal jeplak SIAP HUNI, pdhal bocor dimana2, cat kusem (kesan angker), atap bolong2, dll. Saya secara pribadi lebih respect sm penjual yg JUJUR apa adanya

4. BODONG
nah, gk hanya moge aja yg bodong, rumah juga bisa “bodong” alias gk lengkap surat2nya! Hati2 dlm bertransaksi, cek semua IMB,SHM/HGB dll dan make sure itu bukan SENGKETA! Buat yg mau beli rumah via KPR, tanpa dokumen rumah yg lengkap, jangan harap kredit cair!

5. Makelar naikkin seenak udel!
sy sh merasa no problem dgn adanya makelar rumah, tp yg PROFESIONAL. kacaunya banyak yg “ecek2” (baca : bodoh dan serakah). misal rumah dr si owner minta 500jt, harga pasaran (500-550jt), si makelar minta 800jt! sy gk tau ini yg gila makelarnya atau si pemilik rumah yg rekrut makelar mabok! he3…KIRA KIRA DONG BUNG!

6. Listrik MATI, air MATI
keliatannya sepele ya sekedar listrik dan air “dicabut”, juga gk seberapa juga biayanya (duit receh lah). tapiiiii ini bisa jd penentu impresi calon pembeli! beberapa kali sy berburu rumah di atas 1M, eh kok hal kecil gt gk diurus! pembeli juga bisa ilfil lho!

Salam profit
HL Kompasiana/AriefSetiawanK

Iklan
Standar

Tinggalkan Jejak Dengan Menulis Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s